Contoh Artikel Pendidikan Singkat Tentang Motivasi Belajar Siswa


Contoh Artikel Pendidikan Singkat Tentang Motivasi Belajar - selamat datang di contohsuratmakalah.blogspot.com. Artikel pendidikan tentang motivasi belajar siswa ini sengaja saya posting dengan beberapa alasan yaitu pertama agar artikel pendidikan singkat ini dapat dijadikan sebagai wawasan dan pembelajaran bahwa sebagai orang tua guru harus benar-benar dapat memberikan motivasi agar semangat belajar siswa dapat terpupuk dengan baik, kedua agar artikel pendidikan singkat ini dapat dijadikan sebagai contoh bagaimana membuat atau menulis artikel pendidikan singkat yang baik dan benar. oleh karena itu saya berharap contoh artikel pendidikan singkat ini dapat memberikan manfaat khususnya mengenai motivasi belajar Siswa.

Artikel terkait baca juga : Contoh artikel pendidikan karakter anak usia dini 

Contoh Artikel Pendidikan Singkat Tentang Motivasi Belajar Siswa

penting untuk diperhatikan bagi orang tua siswa dan bagi seorang guru adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa, agar siswa memiliki kemauan dan semangat belajar yang tinggi, serta memiliki kesadaran penuh bahwa setiap orang membutuhkan ilmu pengetahuan. tanpa motivasi belajar, siswa akan mengalami kejenuhan dan enggan untuk mengikuti pelajaran dengan baik, sehingga hal ini akan menyebabkan penyerapab belajar siswa menjadi lemah bahkan acuh tak acuh terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru disekolah, oleh karena itu siswa harus mendapatkan motivasi belajar secara terus menerus. maka meingkatkan motivasi belajar siswa ini adalah tugas bagi seorang guru dan orang tua. berikut ini adalah beberapa tips dan cara bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa, setidaknya ada 18 tips dan acara meningkakan motivasi belajar siswa antara lain :

Contoh Artikel Pendidikan Singkat Tentang Motivasi Belajar Siswa1. metode pengajaran dan kegiatan yang beragam
siswa akan mengalami kejenuhan jika seorang guru memberikan pengajaran yang monoton. maka tentu saja kejenuhan akan sangat berdampak pada motivasi belajar siswa, dan hal ini akan menyebabkan siswa kurang memiliki minat terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut. oleh karena itu guru harus memiliki metode pengajaran dan kegiatan yang beraneka ragam yang dapat disesuaikan dengan materi pelajaran. misalnya dengan menggunakan metode diskusi siswa, pembagian peran, simulasi, studi kasus, dan presentasi audio visual  maupun dengan belajar kelompok.

2. Buatlah siswa sebagai peserta aktif dalam belajar
agar siswa aktif dalam belajar guru harus bisa memberikan keleluasaan bagi siswa dalam mengekspresikan dirinya misalnya dengan petualangan, berkreasi, mendesain, menemukan akar masalah dan menyelesaikan masalah. dengan begitu siswa akan lebih aktif, dan hal ini akan menambah minat belajar siswa.

3. Pemberian tugas
Dalam memberikan tugas kepada siswa harus realistis yaitu menyesuaikan dengan sebarapa jauh siswa dapat melaksanakan tugas tersebut, dan berikanlah tugas yang bersifat menantang

4. Menciptakan kondusifitas kelas
 kondisi kelas yang aman, bersih jauh dari kebisingan penting untuk menciptakan kondusitas kelas. selain itu guru sebaiknya tidak terlalu mendikte mereka dan saling menghargai dan menghormati antar siswa dan guru. begitu juga guru harus dapat mengamati siswa bukan hanya dari sisi akademis saja.

5. pemberian tugas secara proporsioanal
tugas yang tidak proporsional akan dapat mempersulit siswa dalam belajar, maka hal ini akan dapat menimbulkan kejenuhan, rasa tidak percaya diri dan enggan untuk melaksanakan tugas tersebut sehingga hal ini akan menyebabkan menurunnnya motivasi belajar siswa

6. guru membantu dan aktif dalam mencapai hasil
guru memberikan pengarahan kepada siswa agar dapat meningkatkan kemapuan dalam proses belajar mengajar, dan sebaiknya tidak terpaku pada hasil tes ujian, bantulah siswa untuk mencapai tujuan pribadinya, dan pantau perkembangan mereka.

7. memberikan pengarahan dan petunjuak kepada siswa
sudah seharusnya guru memberikan pengarahan dan petunjuk kepada siswanya tentang bagaimana cara agar dapat mencapai hasil yang maksimal menurut minat  siswa

8. menghindari kompetisi pribadi
kompetisi pribadi cenderung mengarahkan siswa pada persaingan yang tidak sehat, dan kecurangan oleh karena itu guru sebaiknya tidak membanding bandingkan antara siswa yang satu dengan yang lainnya.

9. saran dan masukan
guru bisa saja memberikan saran dan masukan tentang bagaimana cara belajar yang baik. serta sebaiknya guru cenderung menggunakan kata kata positif dan jangan sekali-kali menunjukan pada siswa bahwa dirinya memiliki kelemahan dalam hal terntentu, berilah motivasi dengan pujian, dan kata kata positif lainnya, agar siswa mendapatkan kepercayaan diri.

10. menghargai kesuksesan dan keteladanan
walapun siswa memiliki kelemahan dari sisi kepribadian atau kelakuan siswa yang buruk, guru jangan sesekali memberikan komentar negatif terlebih lagi tekanan dan ancaman, karena hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri mereka, bahkan akan terus mengalami kemerosotan mental. berikan pengarahan dengan cara positif dan dorongan dan pengarahan, dan dalam hal ini guru harus benar-benar memahami minat belajar siswa.

11. antusias dalam mengajar
guru yang antusias dalam mengajar akan memberikan dampak yang baik pada siswa, siswa akan terbawa oleh antusiasme guru dan bersemangat dalam belajar.

12. menentukan standar yang tinggi namun realistis
kenalilah apa yang menjadi dan membuat siswa termotivasi dalam belajar, oleh karena itu berikan standar tertinggi dalam pencapaian proses belajar namun harus tetap realistis dan tidak terkesan memaksakan kehendak.

13. memberikan penghargaan pada hasil belajar
Jika siswa telah memberikan usaha yang keras dalam belajar selanjutnya adalah menghargai jeri payah mereka dalam hasil proses belajar, namun tetap memberikan dorongan dan pengarahan agar terus meningkatkan prestasinya. penghargaan tersebut bisa berupa hadiah atau kejuatan lainnya terutama pada siswa anak-anak.

14. aktifitas yang melibatkan keseluruhan siswa
buatlah aktifitas siswa yang melibatkan keseluruhan siswa, karena siswa akan melakukan kerja sama dan berbagi ide dan gagasan pengalaman dalam penyelesaian masalah baik tugas individu maupun kelompok

15. tidak memberikan kata ancaman
tidak memberikan hukuman yang tidak mendidik, kekerasan, memaksakan dan sebaigainya karena hal ini akan menyebabkan ketidak perayaan diri pada siswa dan mengambil cara yang tida baik, misalnya mencontek, dan enggan untuk mengikuti pelajaran, dan akan muncul perasaan tidak nyaman.

16. tidak berkomentar buruk
apapun kondisi siswa jangan sesekali berkomentar buruk tentang siswa tersebut, baik cara belajar, dan hasil belajar siswa, guru harus dapat memilah kata dalam memberikan pengarahan.

17. mengenal minat belajar siswa
setiap siswa pasti memiliki kelamahan dan kelebihan pada bidang tertentu, maka oleh karena itu guru harus mengenali minat belajar siswa. dan tidak terlalu makasakan terhadap palajaran apa yang sama sekali ia tidak mampui.

18. ikhlas, peduli dan memberikan kasih sayang terhadap siswa
ketiga sifat ini akan memberikan dampak yang baik terhadap siswa, karena siswa merasa di perhatikan sehingga hal ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Delapan belas tips dan cara meningkatkan motivasi belajar siswa ini  bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar oleh guru dan orang tua dirumah.

Baca juga : Contoh artikel singkat tentang kesehatan lingkungan

itulah artikel pendidikan singkat tentang motivasi belajar siswa yang dapat saya sajikan, semoga artikel pendidikan singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi guru dan orang tua agar dapat memberikan pengarahan terhadap anak dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya baca juga contoh teks pidato singkat tentang pendidikan

Baca artikel : contoh surat lamaran kerja