Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja


Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja - pergaulan bebas adalah salah satu tindakan a sosial yang dapat kita saksikan ditengah masyarakat kita terutama di masyarakat urban, namun pergaulan bebas juga dapat terjadi pada masyarakat pedesaan, karena pergaulan bebas memiliki penyebab tertentu. kali ini saya akan sampaikan kenapa pergaulan bebas perlu mendapatkan perhatian, dari semua elemen terutama pihak terdekat yaitu keluarga. pada kesempatan ini saya ingin membahas pergaulan bebas dari dua sisi, yaitu pergaulan bebas itu sendiri agar dapat dijadikan sebagai bahan atau materi dalam membuat naskah atau teks pidato tentang pergaulan bebas.
apa saja yang perlu disampaikan dalam pidato tentang pergaulan bebas ? yang perama kali adalah kita harus memerkenalkan paa audiens pengertian pergaulan bebas, penyebab pergaulan bebas, dampak pergaulan. dan apa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah adanya pergaulan bebas. berikut ini akan saya sampaikan contoh pidato singkat menngenai pergaulan bebas yang mana contoh pidato pergaulan bebas ini bisa anda jadikan bahan untuk menyampaikan pidato dalam setiap kesempatan terutama pergaulan bebas pada remaja kita. berikut ini contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas.

Artikel terkait baca :  contoh naskah/teks pidato singkat tentang bahaya narkoba

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

 contoh Mukaddimah pidato

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛


Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja
Pidato tentang pergaulan bebas pada remaja
Hadirin yang saya hormati...
Pergaulan bebas adalah prilaku a sosial yang merupakan wabah ditengah masyarakat  kita, karena pergaulan bebas akan memberkan begitu begitu banyak dampak buruk bagi pelaku pergaulan bebas itu sendiri, dan swabah sosial ini juga dpat memberikan dampak buruk

Hadirin yang saya hormati....
belakangan ini diberbagai media banyak menayangkan tentang pergaulan bebas, hal ini akan memiliki dampak negatif dan positf terhadap kita, bisa jadi melalui media para remaja mengangap itu sebgai trend masa kini, sehingga mereka akan meniru prilaku asosial atau pergaulan bebas tersebut, namun di balik itu positifnya bahwa ternyata pergaulan bebas memiliki dampak nuruk yang luar biasa, sehingga para orang tua sedini mungkin mengenali gejal-gejala pilaku pergaulan bebas.

hadirin yang saya hormati...
agar kita dapat mengetahui gejala-gejala pergaulan tersebut sebgaiknya kita memahami ciri-ciri pergaulan bebas misalnya, senang mengahmbur jkan harta untuk kebutuhan yang tidak jelas, bahkan bisa jadi untuk memenuhi kebutuhan s.eks mereka, selain itu misalnyateradinya perubahan emosianal pada diri remaja, dan yang paling jelas kita bisa lihat adalah kemana mereka bergaul, siap teman-temannya. oleh karena itu, perhatian orang tua terhadap anak remaja harus lebih. karena remaja biasanya keinginan tahuannya lebih besar sehingga terdorong ingin melakukan sesuatu tanpa berfikir panjang.

hadirin yang saya hormati...
dampak dari pergaulan bebas sangat buruk dan menciderai generasi bangsa kita, bagaimana tidak...mereka telah terjerumus pada s.eks bebas, mengkonsumsi obat terlarang, sehingga ini akan merusak mental, jasmani dan rohani mreka, maka dengan demikian tidak ada lagi kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi mereka, jika semua prilaku asuisila tersebut mewabah pada remaja kita maka besar kemungkinan itu akan membawa mereka pada tindak kriminal yang lebih besar.

oleh karena itu hadirin yang saya hormati... mari kita berikan perhatian pada remaja kita lebih intensif lagi dengan melakukan pencegahan-pencegahan. dengan telebih dahulu memahami apa penyebab dari pergaulan bebsa tersebut. hadirin yang saya hormati diamtara penyebab terjadinya pergaulan bebas pada remaja adalah karena rendahnya taraf pendidikan mereka, sehingga mereka tidak memahami mana baik dan mana buruk. selain itu juga bisa disebabkan oleh kondisi keluarga yang tidak stabil atau broken home, keadaan keluarga yang tidak stabil atau broken home maka secara otomatis perhatian dari kedua orang tua terhadap anak akan berkurang, sehingga anak cenderung memili pergaulan dunia luar dari pada harus meratapi kondisi keluarga mereka. oleh karena itu para hadirin, mulailah dari keluarga kita, karena keluarga adalah faktor terbesar yang menentukan karakter dan keperibadian anak.

hadirin yang say ahormat selin karena faktor broken home, faktor lainnyamisalnya lingkungan yang buruk, tidak brhati-hati memilih teman, dan juga disebabkan karena kondisi ekonomi keluarga yang minim. kondisi ekonomi yang minim ini menyebabkan banyak remaja wanita rela menjual diri mereka demi mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka.

hadirin yang saya hormati..
ada beberap ahal yang bisa kita lakukan untu mencegah terjadinya pergaulan bebas diantaranya memperbaiki pola fikir remaja, karena itu mereka membutuhkan pendidikan yang lebih selain disekolah mereka juga harus diberikan pendidikandiluar sekolah secara nonformal baik kegaitan les prifat, atau kegiatan remaja masjid, pengajian remaja ataupun pengajian dilingkungan keluarga. 

hadirin yang saya hormati...
sekali lagi keluarga adalah penentu terbesar terhadap baik buruknya remaja kita. maka dengan itu saya menghimbau kepada seluruh kepala rumah tangga untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap anak-anak kita terutama yang telah menginjak dewasa. baik dari sisi agama mreka, pendidikan, kterampilan, cara mereka bergaul. dan lain sebagainya yang memberikan mereka dorongan untuk berbuat pada hal-hal yang lebih positif.
hadirin yan saya hormati saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan menjadi nasehat untuk diri saya dan keluarga, secara khusus dan bagi bapak-dan ibu sekalin secara umum. dari saya apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari sifat salah dan lupa karenanya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
wassalamu'alaikum  warah matullahi wabara katuh...

Baca juga : contoh pidato perpisahan sekolah terbaik
atau baca juga : contoh naskah pidato pendidikan

itulah contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas yang bisa saja sajikan, semoga contoh pidato mengenai pergaulan bebas ini memberikan inspirasi dan wawasan khususnya tentang penyebab pergaulan bebas, dampak pergaulan bebas dan bagaiamaca upaya kita untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas pada remaja. di sisi lain semoga artikel contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas ini bisa dijadikan sebagai materi pidato anda, atau minimal bisa menjadi panduan bagaimana cara membuat pidato singkat khsususnya tentang pergaulan bebas pada remaja. baca juga artikel lainnya di contohsuratmakalah.blogspot.com