Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif


Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif - Dalam menulis sebuah karangan, baik karangan bebas ataupun karya ilmiah, salah satu tehnik penulisan menurut tata bahasa indonesia yang baik dan benar adalah memahami dan menggunakan paragraf deduktif atau paragraf induktif. perbedaan paragraf deduktif dengan paragraf induktif adalah hanya pada penempatan inti kalimat atau kalimat utamanya saja. paragraf deduktif adalah pokok kalimat terletak pada awal paragraf dan dilanjutkan dengan bebrapa kalimat penjelas dari kalimat utama tersebut. sedangkan paragraf induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif yaitu pokok kalimat terletak pada akhir paragraf, sedangkan kalimat kalimat penjelas terletak pada awal.

Pada pengertian yang lain bahwa paragraf deduktif adalah paragraf yang memililiki pola susunan kalimat dari umum ke khusus, sedangkan paragraf induktif adalah susunan beberapa kalimat dengan pola khusus ke umum. untuk lebih jelasnya saya kan berikan contoh paragraf baik paragraf deduktif maupun paragraf induktif, sehingga anda dapat memahami dan bisa menulis paragraf, baik paragraf deduktif maupun induktif.

Artikel terkait baca juga contoh dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif
paragraf deduktif dan induktif
Beberapa Manfaat air untuk kesehatan di antaranya adalah selain sebagai penghilang rasa haus dan dahaga air juga dapat berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, karena setidaknya tubuh manusia terdiri atas 60% air jika kurang dari itu maka kemungkinan besar akan terjadi dehidrasi, sedangkan bagi penderita obesitas ternyata air juga dapat membantu menurunkan berat badan karena dengan banyak minum air terutama air hangat akan menjadikan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, karena itu minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari.


Contoh Paragraf Induktif


Selain sebagai penghilang rasa dahaga, air juga berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, karena setidaknya tubuh manusia terdiri atas 60% air jika kurang dari itu maka kemungkinan besar akan terjadi dehidrasi, sedangkan bagi penderita obesitas ternyata air juga dapat membantu menurunkan berat badan karena dengan banyak minum air terutama air hangat akan menjadikan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, karena itu minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari. itulah beberapa manfaat air untuk kesehatan

Sebagaimana telah saya jelaskan bawah paragraf deduktif adalah inti kalimat terletak pada awal kalimat, sedangkan paragraf induktif adalah sebaliknya. Coba anda perhatikan contoh paragraf deduktif diatas, pada awal kalimat yang saya beri tanda kuning adalah pokok kalimat yang kemudian ikuti dengan kalimat penjelas, sedangkan pada contoh paragraf induktif inti kalimat terletak pada akhir kalimat. 

dari contoh paragraf tersebut diatas, saya yakin anda bisa memahami perbedaan dan bagaimana cara menulis paragraf deuktif maupun paragraf induktif. 

Baca juga : Contoh Proposal dan jenis-jenisnya

Itulah contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif yang bisa saya jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. untuk contoh paragraf dalam bentuk lain tunggu artikel saya selanjutnya.